Udah jadi hal yang umum banget tuch ketika kita udah ngajuin lamaran pekerjaan pasti kalo kualifikasi kita memadai bakal dipanggil buat interview. Mau tau gak kenapa harus ada interview? Interview itu penting banget dalam penerimaan pegawai, banyak aza sich surat lamaran yang isinya meyakinkan tapi setelah diinterview ternyata gak ada apa-apanya, bohong banget kan. Sekalipun anda orang yang pinter, lulus kuliah cumlaud belum tentu juga bisa lulus interview.

Biasanya nich ya, mau kerja dimana aja entah di perusahaan, di bank atau mana pun interviewnya ya kurang lebih sama lah ya, mungkin bidangnya aja yang berbeda. Makanya anda harus bisa menyiapkan segala sesuatunya dengan baik sebelum anda di interview. Bagi anda yang mau melakukan interview baik di bank atau mana aza ada baiknya baca tips ini dulu ya, bisa bantu persiapan anda kok.



Berikut tips menghadapi interview kerja di bank berikut ini:

  1. Pastikan anda sudah tahu dulu dimana tempat anda akan melakukan wawancara. Disarankan beberapa hari sebelum wawancara, anda sudah mengetahui tempatnya, bahkan sudah melihat tempatnya.
  2. Jika tidak diberitahu terlebih dulu jenis pakaian apa yang harus dipakai, maka gunakan pakaian yang bersifat formal, bersih dan rapi.
  3. Baca kembali surat lamaran, CV anda, dan surat panggilan wawancara tersebut. Jangan lupa untuk membawa surat-surat atau dokumen-dokumen tersebut serta peralatan tulis saat wawancara.
  4. Ceritakan tentang diri anda. Pengalaman menunjukkan, surat lamaran yang optimis tidak selalu menunjukkan bahwa pelamarnya juga sama optimisnya. Ketika pewawancara menanyakan hal yang sederhana seperti “Di mata anda, siapa anda?” atau “Ceritakan sesuatu tentang anda”, banyak pelamar menatap pewawancaranya dengan bingung dan lalu seketika menjadi tak percaya diri. Tetapi di jaman modern ini. Jawaban yang terlalu merendah dan banyak basi-basi hanya menunjukkan bahwa anda sebenarnya tidak yakin dengan diri anda sendiri. Dan perusahaan masa kini tidak butuh karyawan seperti itu.
  5. Hati-hati pertanyaan jebakan. Siapapun orangnya pasti tidak suka menjawab pertanyaan-pertanyaan yang memojokkan. Tetapi begitulah kenyataannya ketika anda diwawancarai. Seringkali banyak hal tidak terduga yang dilontarkan si pewawancara dan membuat anda seringkali kelepasan bicara. Yang penting dalam menjawab pertanyaan adalah taktis. Jangan pernah memberi jawaban yang menjelekkan tempat kerja anda yang lama atau apapun yang konotasinya negatif. Lebih baik anda menjawab “saya menginginkan suasana kerja yang teratur dan terjadwal. Dalam wawancara, si pewawancara selalu berupaya mengorek sedapat mungkin tentang kepribadian pelamar. Kadang pertanyaan sederhana seperti “apakah anda sudah punya pacar? Apakah berniat menikah dalam waktu dekat?” sering ditanggapi buru-buru oleh si pelamar dengan menjawab misalnya “Sudah, rencananya kami akan menikah akhir tahun ini. Padahal sebenarnya jawaban itu dapat menjadi penutup peluang kerja anda. Perusahaan selalu ingin diyakinkan bahwa calon karyawannya hanya akan fokus pada pekerjaan, terutama pada awal masa kerja.
  6. Lakukan kontak mata dengan pewawancara.
  7. Tetap fokus pada pertanyaan yang diajukan pewawancara.
  8. Tunjukkan antusiasme dan ketertarikan anda pada jabatan yang dilamar dan pada perusahaan.
  9. Gunakan bahasa formal, bukan prokem atau bahasa gaul; kecuali anda diwawancarai untuk mampu menggunakan bahasa tersebut.
  10. Tampilkan hal-hal positif yang pernah anda raih.
  11. Tunjukkan energi dan rasa percaya diri yang tinggi, namun jangan berkesan sombong atau takabur. Banyak yang gagal hanya lantaran berkesan sombong, takabur, atau sok tahu.
  12. Tunjukkan apa yang bisa anda perbuat untuk perusahaan bukan apa yang bisa diberikan oleh perusahaan kepada anda.
  13. Jelaskan serinci mungkin hal-hal yang di tanyakan oleh pewawancara.
  14. Ajukan beberapa pertanyaan bermutu di seputar pekerjaan anda dan bisnis perusahaan secara umum.
  15. Berbicara dengan cukup keras sehingga suara jelas terdengar oleh pewawancara.


Persiapkan baik-baik diri anda karena ini moment penting dan menyangkut masa depan anda. Semoga tips interview kerja di bank ini bermanfaat bagi anda.