Dalam dunia kerja, tidak hanya karena suasana jenuh yang membuat kita mempertimbangkan untuk pindah kerja, ada beberapa alasan lain yang juga seringkali membuka keinginan untuk mencari pekerjaan lain. Selain itu, ada masanya kita perlu menantang diri sendiri untuk meninggalkan comfort zone agar lebih berkembang dan produktif. Berikut enam alasan populer karyawan pindah kerja.

1. Karier mentok.
Bekerja tanpa ada peningkatan karier akan membuat kita terjebak dalan pekerjaan yang sama bertahun-tahun. Belum lagi jika penilaian hasil kerja tak jelas dan tak ada kepastian untuk mendapat promosi. Kondisi ini akan membuat kita merasa menyia-nyiakan waktu dan masa depan. Tak heran bila alasan ini yang menjadi motivasi banyak karyawan untuk pindah kerja.

2. Minim apresiasi.
Anda merasa sudah berusaha mengerahkan seluruh tenaga dan pikiran untuk menghasilkan karya terbaik. Namun, apa yang kita kerjakan seringkali dipandang sebelah mata. Jangankan memberi penghargaan, sedikit pujian pun tak pernah terdengar. Bagi atasan, tugas Anda adalah menyelesaikan kewajiban. Jadi, tak perlu mengharapkan imbalan apa pun setelah mengerjakannya. Padahal, penghargaan sekecil apa pun memiliki efek yang besar untuk meningkatkan semangat bekerja lebih baik lagi.

3. Mengejar karier impian.
Apakah pekerjaan yang kita tekuni saat ini sudah sesuai keinginan dan impian? Bekerja hanya demi punya pekerjaan atau uang semata ttidak akan membuat hati bahagia. Karena itu, mulailah persiapkan diri melirik pekerjaan lain yang sesuai dengan minat dan impian. Gaji lebih kecil? Tenang, selama kita mencintai apa yang kita kerjakan, kita pasti akan selalu memberikan yang terbaik. Kalau sudah begini, percayalah kesuksesan akan segera mengikuti.

4. Gaji stagnan.
Alias tidak merangkak naik setelah Anda bertahun-tahun kerja. Tawaran gaji yang lebih besar dan fasilitas lebih lengkap biasanya menjadi alasan terbesar yang diinginkan setiap orang ketika memutuskan pindah ke tempat lain.

Hasil survei yang dilakukan oleh perusahaan rekrutmen, Hudson, mengungkapkan bahwa harapan kenaikan gaji menjadi satu-satunya alasan pindah kerja. Karena itulah 8 dari 10 perusahaan selalu khawatir kehilangan karyawan terbaiknya.

5. "Tua di jalan".
Kondisi lalu lintas saat ini, terutama di wilayah Jakarta sudah semakin parah dan tak bersahabat. Kita menghabiskan waktu 2-3 jam perjalanan dari kantor menuju rumah. Tak hanya lelah fisik, kindisi ini seringkali juga membuat kita merasa "tua di jalan".

Kantornya enak, suasana menyenangkan, tapi kita harus berangkat pukul 05.00 pagi agar tiba di kantor tepat waktu. Begitu pun saat pulang kantor. Kelelahan dalam waktu yang panjang inilah yang kemudian akan membuat kita mempertimbangkan untuk berkarier di perusahaan lain yang lokasinya lebih dekat rumah.

6. Stres dan tertekan.
Tak sedikit orang yang stres dalam bekerja. Entah itu karena pekerjaan yang menumpuk, target tinggi perusahaan yang harus tercapai, atau pun atasan yang selalu menuntut. Jika sering merasakan stres dalam bekerja. Segera cari penyebab dan solusinya. Pasalnya stres dan tekanan pekerjaaan rentan menjadi pemicu berbagai penyakit.

Sebuah hasil studi yang dilakukan tim ilmuwan asal Denmark dan telah diterbit dalam jurnal Occupational and Enviromental Medicine, menyatakan pekerjaan dengan tekanan tinggi dapat memicu penyakit kardiovaskular pada perempuan bekerja. Nah, kalau sudah tak bisa diminimalisir, silahkan mencari pekerjaan di perusahaan lain.



Jadi, sudahkah Anda menemukan alasan yang paling tepat untuk pindah kerja? Pertimbangkan kembali keinginan pindah kerja, female.kompas.com