Forum Lowongan Kerja & Mitra Kerja Indonesia - Dinas Tenaga Kerja Kota Makassar akan meluncurkan bursa lowongan kerja (loker) online per Januari mendatang. Situs ini akan menjadi pusat informasi bagi pencari kerja di Makassar.

Kepala Disnaker Makassar, Muhtar Kasim, mengatakan, pihaknya sementara menggodok teknis pengoperasian sistem loker online ini.

"Kita sementara merampungkan teknis pengoperasian peralatan dan sumber daya manusia yang dimiliki agar bursa kerja online bisa maksimal," kata Muhtar di Makassar, Senin (15/11).

Disnaker menyiapkan anggaran Rp 300 juta untuk program ini. Setiap perusahaan yang membutuhkan karyawan/pegawai akan dicantumkan di situs online. Demikian juga dengan lowongan kerja dari luar negeri terdeteksi di bursa loker online ini.

Sementara itu, Disnaker Kota Makassar juga melansir data pengangguran hingga November 2011. Pengangguran terbuka di kota ini tercatat sebanyak 74 ribu orang.



Namun angka ini menurun drastis dibanding jumlah pencari kerja pada 2007 lalu. Tiga tahun lalu, angkatan kerja produktif yang belum mendapat pekerjaan sebanyak 95.010 orang.

"Angka ini berdasarkan jumlah permintaan kartu kuning di disnaker," kata Kabag Informasi dan Data Disnaker Makassar, Manai Sophian, di kantornya di Jl Pettarani, Makassar, Senin (15/11).

Angka ini merujuk pada jumlah pencari kerja yang mengurus kartu kuning di instansi yang dipimpin Muhtar Kasim ini.(sur)

Tenaga Produktif 500 Ribu Orang
SAAT ini, jumlah angkatan kerja yang produktif adalah 500 ribu orang dari total 1,3 juta jiwa warga berdasarkan data sensus penduduk yang dilakukan Badan Pusat Statistik (BPS) per Agustus 2010 lalu.

Manai optimistis jumlah pengangguran akan ditekan hingga angka 57 ribu pada 2013 mendatang. Optimismme ini menyusul kian menggeliatnya industri dan usaha Makassar untuk menuju kota dunia. Kurang lebih 6.000 perusahaan beroperasi di Makassar.

"Data ini merujuk kepada pekerja di sektor formal yang memang lebih banyak dibanding pekerja di sektor informal," lanjutnya, tribun timur.