Ribuan pria dan wanita tampak mengantri untuk masuk ke lokasi Job Fair yang dilaksanakan oleh Pusat Jasa Ketenagakerjaan (PJK) Universitas Sumatera Utara (USU) yang bekerjasama dengan Job DB, di Pendopo USU, Selasa (7/2/2012).

"Pada event kali ini tidak kurang dari 37 perusahaan ikut perpartisipasi, untuk menawarkan lowongan pekerjaan kepada masyarakat. Bukan hanya perusahaan kecil, tetapi sebagian besar yang ada merupakan perusahaan-perusahaan besar yang namanya sudah tidak asing di telinga masyarakat," ujar Ketua PJK USU Rini Soetadi.

Sementara itu Chandra Adi dari pihak Job DB mengaku dari 37 perusahaan yang ikut pada event Job Fair yang berlangsung 7-9 Februari mendatang, terdapat sedikitnya 400 lowongan yang disediakan. Bahkan katanya ada salah satu perusahaan yang membuka lowongan hingga 100 pekerjaan.

Chandra menilai dari ratusan lowongan kerja yang tersedia Job Fair tadi, diyakini per hari event tersebut mampu mendatangkan pengunjung sebanyak 1.200 orang lebih. Hal itu sejalan dengan realisasi pihaknya yang menargetkan di tiga hari pelaksanaan mampu mendatangkan 5.000 orang.



"Saya kira antusiasme masyarakat Sumut cukup baik. Lihat saja yang hadir saat ini. Dalam hal kualitas saya pikir perusahaan akan memperoleh calon karyawan yang tepat, sebab tidak hanya masyarakat yang baru lulus kuliah hadir, tetapi orang-orang yang sudah bekerja dan memperbaiki karirnya juga banyak yang datang," ujarnya.