Bursa Lowongan Kerja di Lamongan Job Fair 2012, membuka 7.812 lowongan kerja dari 46 perusahaan di Lamongan, Sidoarjo, Gresik, Surabaya, dan Pasuruan. Dari 7.812 lowongan kerja itu, 5.443 di antaranya lowongan kerja dalam negeri, selebihnya lowongan kerja di luar negeri.



Ada 1.200 berkas lamaran yang masuk pada Selasa (10/7/2012). Tahun lalu kegiatan serupa diikuti 37 perusahaan dengan 5.305 lowongan kerja. Para pencari kerja tersebut bisa langsung mendaftar dan wawancara dengan perwakilan perusahaan.

PT Dok Pantai Lamongan tahun ini membuka 18 lowongan kerja dengan kualifikasi teknik sipil, sekretaris, dan mekanik otomotif. PT Gresik Maju Bersama dari Gresik membuka 506 lowongan kerja tenaga kesehatan, PT Sentinel Cakra Buana dari Sidoarjo membuka 75 lowongan.

Sejumlah perusahaan membuka lowongan kerja untuk menjadi tenaga kerja formal di luar negeri. PT Gunawan Sukses Abadi, Surabaya, misalnya, membuka 75 lowongan untuk menjadi tenaga kerja formal bagian umum di Taiwan dan Malaysia. PT Pancamanah Utama membuka 2.050 lowongan kerja untuk posisi pekerja konstruksi di Malaysia dan Brunei Darussalam.

Wakil Bupati Lamongan Amar Saifudin menyatakan, masalah pengangguran adalah masalah yang serius, bila tidak ditangani dengan benar maka akan berdampak pada masalah yang lain.

Pemerintah daerah sudah mengadakan beberapa program untuk mengatasi masalah pengangguran di Lamongan melalui program padat karya di pedesaan, pelatihan ketrampilan, dan pembinaan usaha kecil.

Ia menyebutkan di Lamongan terdapat 619 perusahaan skala kecil hingga besar dengan jumlah tenaga kerja yang diserap 9.511 orang. Tahun lalu, sebanyak 371 penduduk Lamongan tercatat sebagai TKI. Tahun ini 204 orang tercatat menjadi TKI di Malaysia, Singapura, Korea Selatan, dan Taiwan, regional.kompas.com