Di kolom lowongan kerja itu ada iklan yang menawarkan jasa pengeleman kantong/boxs the dengan parhitungan mengerjakan 10 boks dapat Rp70.000 dan terus kelipatannya sampai dengan Rp700.000.

Pada Selasa (13/9), saat waktu istirahat kerja, saya sengaja mencari alamat tersebut. Sebelum ke tempat tersebut saya ke masjid terlebih dahulu yang dekat dengan lokasi tujuan untuk salat Dzuhur.



Setelah shalat, ada dua orang yang sedang membuka amplop (form pendaftaran). Saya tidak curiga apa-apa.

Singkat cerita ternyata kedua orang itu berasal dari Indramayu. Mereka menceritakan kejadian, dan ternyata dia baru saja dari tempat yang akan saya tuju.

Lokasi itu berada di kota Bandung, tepatnya di Jl Kopo 302 (Citarip), dekat pom bensin. Ternyata kedua orang tersebut secara psikologis dipaksa untuk mendaftar dengan dikenakan biaya Rp 10.000/orang, tanpa penerangan terlebih dahulu. Setelah mendaftar, mereka disuruh membayar registrasi Rp 250.000/orang.

Mereka juga disuruh untuk membawa orang/downline untuk mendaftar bila ingin menjadi anggota aktif. Jika tidak, maka yang bersangkutan menjadi anggota pasif dengan mendapat objekan tersebut diatur oleh mereka itu (sipemasang iklan) dengan pembayaran Rp 35.000/bulan,yang pada mulanya dijanjikan Rp 70.000 per 10boks.

Dan yang lebih mencengangkan, kedua orang tersebut membawa bukti label yang akan ditempel pada boks tersebut hanya berupa printout, kelas amatiran yang ditujukan hanya untuk mengelabui calon tenaga kerja saja.

Mohon kejadian ini ditidaklanjuti oleh pihak-pihak yang berwenang (Depnaker) dan PR untuk selektif menerima iklan.

Saya prihatin pada korban rakyat kecil yang dengan modal kecil dan mengeluarkan ongkos dari luar daerah, kebanyakan setelah sampai tujuan hanya untuk ditipu. Sementara mereka belum makan dan minum, hanya punya ongkos pulang-pergi saja.

Martin

Jalan Moh. Toha, Bandung

[email protected]

085718122478
Saya hanya bisa berdoa pada yang menciptakan manusia, semoga keadilan akan turun untuk mereka.

Sumber : http://www.inilah.com/read/detail/17...lowongan-kerja